UI GreenMetric ITERA Berkomitmen Menjadi Pengembangan Kampus Hijau

UI GreenMetric ITERA Berkomitmen Menjadi Pengembangan Kampus Hijau
November 15, 2021 Comments Off on UI GreenMetric ITERA Berkomitmen Menjadi Pengembangan Kampus Hijau berita, Institut Teknologi Sumatera, ITERA NEWS, MBKM, UI GreenMetric ppiditer_web

Oleh : Puspita Wulandari

ITERA NEWS. Tim GreenMetric ITERA mengikuti  evaluasi dan penilaian terkait UI GreenMetric World University Rankings. Kegiatan ini diadakan oleh UI GreenMetric yang merupakan wadah untuk perguruan tinggi meningkatkan komitmennya dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus, Senin, 15 November 2021

Kegiatan dibuka oleh perwakilan UI GreenMetric, Dr. Ruki Harwahyu. Pada pembukaannya Ruki menyampaikan harapannya kepada ITERA untuk dapat menjadi pelopor dan percontohan  sebagai kampus hijau untuk semua kampus di  Sumatera. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan  Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Prof.Dr.-ing.Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU.  Rektor yang menyampaikan perkembangan ITERA yang saat ini dalam proses menuju green campus yang berkomitmen menjadi pengembangan kampus hijau, tidak merusak bumi dan hemat energy.

“ITERA yang saat ini dalam proses menuju green campus yang berkomitmen menjadi pengembangan kampus hijau, tidak merusak bumi dan hemat energy.”

Kegiatan ini membahas hasil pemaparan penilaian UI GreenMetric terhadap kampus ITERA. Pemaparan disampaikan oleh Muhamad Asvial perwakilan Tim UI GreenMetric. Adapun beberpa poin dan pembahasan yang dipaparkan yaitu Setting and Infrastructure, Energy and Climate Change, Waste, Water dan Transportation.

Poin pertama, setting and infrastructure secara keseluruhan aspek penilaian ITERA sudah mencapai nilai tertinggi. Sudah 20% dari total area kampus sebagai forest vegetation namun  ITERA masih dalam masa pembangunan dan kedepannya akan terus membangun gedung-gedung baru. Hal ini, yang akan menjadi tantangan bagi ITERA untuk mempertahankan komitmennya. Prof. Deny Juanda Puradimaja  mengatakan bahwa terdapat kendala pada kepemilikan lahan yang mana lahan ITERA dmiliki oleh pihak PTPN.

Pada poin kedua, Energy and Climate Change secara keseluruhan aspek penilaian ITERA juga  sudah cukup memenuhi kriteria , didapat beberapa komentar dan masukan yaitu ITERA sudah memiliki banyak aplikasi yang digunakan untuk energi terbarukan dan biodiesel,dan kedepannya mungkin bisa ditambahkan lagi. Penerapan smart building berada di kisaran 25-50% dan energi efisiensi sudah baik tetapi dapat ditingkatkan lagi. ITERA berencana menambahkan sumber energy angin yang kedepannya akan sangat bagus untuk dikembangkan dan untuk Solar Power KWh nya dapat ditambahkan menyesuaikan kebutuhan.

Pada poin ketiga,  poin Waste secara keseluruhan kategori penilaian poin 3 ITERA  sudah mencapai nilai tertinggi  yang perlu dikembangkan lagi. Pengelohan limbah2 air, air kotor ,air bersih , dan limbah kimia. yang lain sudah di poin tinggi . Pernyataan ini kemudian ditanggapi oleh Tim Greenmetrc ITERA , Prof. Deny Juanda Puradimaja yang menyatakan bahwa pembangunan ITERA sedang berjalan , tahun depan sudah bisa dipersembahkan hasilnya. Sudah dilakukan beberapa upaya untuk pengolahan sampah, dari sampah organik menjadi sampai cari . Selain itu produk sampah-pupuk dari ITERA sudah digunakan masyarakat.Kemarin ini,  rektor sedang menangani masalah sampah di bandar lampung. Kedepannya diharapkan  ITERA akan menjadi tuan rumah pada konferensi penanganan sampah se-indonesia

Pada poin keempat,  poin Water  secara keseluruhan kategori penilaian poin 4 ITERA  sudah aman. Sama seperti yang dijelaskan tadi untuk mengembangkan kembali cara pengelolaan limbah air yang ada . nilai masih ditengah, 20-60%.

Pada poin kelima, poin Transportatio,  nilai poin ITERA masih ditengah. Kedepannya dapat  menganalisa emisi yang ada di kampus. Bagaimana mahasiswa mengurangi pemakaian kendaraan pribadi.  Rektor , Prof.Dr.-ing.Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU mengatakan bahwa ITERA dengan  luas lahan yang sangat besar sehingga ITERA berencana menambahkan fasilitas sepeda yang dapat dipakai oleh mahasiswa dan dosen.

Pada poin terakhir,  poin Education.  Nilai poin sudah baik. Publikasi seperti jurnal  yang berkaitan dengan sustain.  Prof. Deny Juanda Puradimaja menyatakan bahwa ITERA menggalakan kampanye menulis paper 50 hari dan  TA mahasiswa paket 100 hari.

Kegiatan ditutup dengan pengumuman sekaligus penyerahan sertifikat UI GreenMetric kepada ITERA. ITERA mendapat penghargaan UI GreenMetric Platinum Package Service in 2021. Selain itu pada penilaian UI GreenMetric Trees Rating ITERA memperoleh poin 3.5.

The post UI GreenMetric ITERA Berkomitmen Menjadi Pengembangan Kampus Hijau appeared first on ITERA.

About The Author