Sharing Session IIO Bahas Keberhasilan Penanganan Covid Hingga Peluang Beasiswa di Taiwan

Sharing Session IIO Bahas Keberhasilan Penanganan Covid Hingga Peluang Beasiswa di Taiwan
September 22, 2020 Comments Off on Sharing Session IIO Bahas Keberhasilan Penanganan Covid Hingga Peluang Beasiswa di Taiwan berita, Institut Teknologi Sumatera, ITERA ppiditer_web

ITERA NEWS. Meskipun Taiwan adalah negara di Asia Timur yang dekat dengan lokasi awal pandemi Covid-19, yakni Wuhan, China. Namun Taiwan menjadi negara yang berhasil dalam menangani pandemi di negaranya.  Hal ini diungkapkan oleh Tirta Amerta Effendi, Manager Taiwan Education Enter untuk Kantor Regional Jakarta, di Taiwan, saat menjadi pemateri Online sharing session bertajuk Spektrum luas kesempatan studi dan beasiswa di Taiwan yang diadakan ITERA International Office, Selasa (22/9/2020).

Tirta menyebut, sebanyak 7 korban meninggal dunia dalam kasus pandemi tersebut di negaranya. Sebuah angka yang sangat kecil dibandingkan dengan jumlah kasus di negara lain. Itu pun penyebab penularannya didominasi kasus yang datang dari luar negeri.

“Ada beberapa faktor yang harus kita pelajari seperti transparansi informasi dari awal pandemi dari kementrian Kesehatan. Serta adanya tindakan pencegahan epidemi sedini mungkin, pemerintah Taiwan menutup penerbangan dari atau ke Wuhan, China begitu informasi tentang pandemi ini pertama menyebar,” ujar Tirta.

Selain itu, pemerintah juga meningkatkan produksi masker dan mengontrol penjualan masker, sehingga tidak ada penimbunan masker. Pembelian online dibatasi untuk pembelian masker dan terintegrasi dengan sistem kesehatan sehingga tidak dapat dicurangi. Pengobatan bagi yang terinfeksi juga dpat ditangani dengan Sistem dan SDM medis yang sangat memadai dan berkualitas tinggi, dengan melakukan tracing kontak pasien secara lengkap. Selanjutnya faktor lain yakni standar tinggi dalam penanganan media dan pengembangan riset serta tingkat kesadaran dan disiplin semua warga di Taiwan.

“Taiwan terkenal dengan disiplin yang tinggi seperti pada protokol kesehatan. Salah satu contohnya yakni tempat makan dibatasi dengan batas transparan serta dijaga oleh petugas yang menghimbau orang untuk tidak berbicara pada saat makan untuk mengurangi penularan,”ujar Tirta.

“Taiwan terkenal dengan disiplin yang tinggi seperti pada protokol kesehatan. Salah satu contohnya yakni tempat makan dibatasi dengan batas transparan serta dijaga oleh petugas yang menghimbau orang untuk tidak berbicara pada saat makan untuk mengurangi penularan.”

Pendidikan di Taiwan

Selain memaparkan keseriusan Taiwan dalam mengelola permasalahan pandemi Covid-19, sharing session tersebut berlanjut memaparkan tentang pendidikan di Taiwan, kehidupan budaya dan keberagaman agama serta fasilitas transportasi yang tourist-friendly. Salah satunya adanya website studyintaiwan.org yang merupakan situs dari pemerintah Taiwan untuk mengetahui program studi dan universitas disana.

“Beberapa tips untuk pelamar yakni ketahui apakah jurusan yang ditawarkan memiliki bahasa pengantar untuk mahasiswa internasional atau tidak. Ke dua, Pilih jurusan berdasarkan riset yang diminati. Ke tiga, Menghubungi academic advisor sebelum mendaftar untuk membuka peluang lebih besar unntuk diterima dan mendapatkan beasiswa universitas,” ujar Tirta

Tirta melanjutkan, Taiwan juga menawarkan banyak sekali beasiswa seperti beasiswa dari kementrian pendidikan di Taiwan, Huayu Enrichment Scholarship (program belajar mandarin di Taiwan), TaiwanICDF Scholarship, dan beasiswa universitas. Beasiswa di Taiwan sangat banyak dan beragam, sepeti yang disponsori oleh Academia Sinica yakni Lembaga penelitian di sana atau Taiwan Experience Education Program (TEEP) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur ITERA International Office Acep Purqon,Ph.D mengungkapkan, ITERA juga tengah mengejar percepatan teknologi di Sumatera sehingga Taiwan memiliki karakteristik Pendidikan negara yang sejalan. Selain itu Taiwan sangat erat dengan industri dan ITERA telah bekerjasama dengan beberapa universitas di Taiwan untuk mendukung kerja sama penelitian sivitas akademika ITERA untuk dapat menyelesaikan permasalahan di Sumatera. [IIO/Humas]

The post Sharing Session IIO Bahas Keberhasilan Penanganan Covid Hingga Peluang Beasiswa di Taiwan appeared first on ITERA.

About The Author