Rektor Berharap ITERA Jadi Kampus Berkelanjutan dan Nyaman

Rektor Berharap ITERA Jadi Kampus Berkelanjutan dan Nyaman
November 7, 2021 Comments Off on Rektor Berharap ITERA Jadi Kampus Berkelanjutan dan Nyaman berita, ITERA, Mitra Djamal, Rektor ITERA, UI GreenMetric ppiditer_web

ITERA NEWS. Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., didampingi oleh seluruh anggota Tim ITERA for UI Greenmetric secara resmi menekan tombol submit pada sistem kuisinoner UI Greenmetric Worl University Rangking 2021, Jumat, 5 November 2021.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, kita telah bekerja keras untuk menyiapkan pengisian borang dan mengumpulkan evidence. Semoga kita mendapatkan hasil yang terbaik bagi kemajuan ITERA di masa yang akan datang,” ujar Prof. Mitra Djamal.

Sebelumnya, Rektor dan segenap tim ITERA for UI GreenMetric juga telah menggelar Final Review Meeting yang dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan Pusat Riset dan Inovasi ITERA, Jurusan, Unit, dan Program Studi untuk melaporkan hasil dari evaluasi kampus berkelanjutan ITERA dengan menjawab 51 indikator pada 6 kriteria penilaian UI Greenmetric, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Rektor ITERA menekankan bahwa ITERA berkomitmen untuk menjadi kampus berkelanjutan dan ramah kepada seluruh sivitas akademika dan masyarakat. “Kita perlu terus meningkatkan apa yang perlu ditingkatkan agar ITERA menjadi kampus yang tidak hanya sustainable akan tetapi juga nyaman untuk semua yang beraktivitas,” ujar Rektor.

“Kita perlu terus meningkatkan apa yang perlu ditingkatkan agar ITERA menjadi kampus yang tidak hanya sustainable akan tetapi juga nyaman untuk semua yang beraktivitas.”

Tahun ini merupakan tahun ketiga keikutsertaan ITERA dalam pemeringkatan kampus berkelanjutan. Untuk tahun pertama pada 2019, ITERA mendapatkan peringkat ke-24 untuk Kampus Berkelanjutan di Indonesia. Sementara untuk tahun 2020, ITERA menduduki peringkat ke-19 dan mendapatkan penghargaan The Most Sustainably New Campus.

Perwakilan Tim ITERA For UI GreenMetric, Rinda Gusvita, S.T.P., M.Sc., menyampaikan harapannya untuk tahun ini agar posisi ITERA meningkat seiring dengan pembangunan dan perbaikan yang telah dilakukan di ITERA yang dipimpin langsung oleh Rektor.

New Normal

Sebagaimana diketahui bersama meski pun dalam kondisi pandemi covid-19, ITERA tetap melaksanakan berbagai program dengan tetap fokus pada protokol kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru atau new normal. Selain pembangunan Gedung dan jaringan jalan, tengah dibangun juga instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) dan industri pakan dan pupuk organik (IPPO) yang akan menjadi solusi sekaligus memberikan nilai tambah bagi pengelolaan limbah di ITERA.

“Untuk selanjutnya PR kita adalah meningkatkan publikasi, fokus pada penyediaan fasilitas agar tercipta inklusifitas kampus dan juga kendaraan bebas emisi serta melanjutkan pembangunan berbagai infrastruktur,” ujar Rinda.

UI Greenmetric merupakan program pemeringkatan kampus berkelanjutan sedunia yang diinisiasi oleh Universitas Indonesia sejak 11 tahun silam. Program ini sudah diikuti oleh 911 perguruan tinggi dari 78 negara di dunia. Keikutsertaan ITERA dalam perangkingan ini menjadi salah satu bentuk komitmen ITERA untuk mewujudkan kampus berkelanjutan dengan jargon smart, friendly, and forest campus.

UI Greenmetric juga memberikan kesempatan bagi ITERA untuk berjejaring, khususnya dengan adanya wakil ITERA Novi Kartika Sari, S.T., M.T. dalam kelompok Pengelolaan Limbah dan Mashuri, S.T., M.T. dalam kelompok green building yang dibentuk sebagai upaya bersama untuk mewujudkan kampus berkelanjutan. (Rilis/ Humas)

 

The post Rektor Berharap ITERA Jadi Kampus Berkelanjutan dan Nyaman appeared first on ITERA.

About The Author