PPLK ITERA Ajang Mengenal Kampus dan Hiburan Mahasiswa Baru

PPLK ITERA Ajang Mengenal Kampus dan Hiburan Mahasiswa Baru
August 19, 2021 Comments Off on PPLK ITERA Ajang Mengenal Kampus dan Hiburan Mahasiswa Baru berita, Institut Teknologi Sumatera, ITERA NEWS, pmb itera, PPLK 2021 ppiditer_web

ITERA NEWS. Institut Teknologi Sumatera melalui Keluarga Mahasiswa (KM-ITERA) menyelenggarakan Program Pengenalan Lingkungan Kampus (PPLK) bagi mahasiswa baru, 16 – 21 Agustus 2021, secara dalam jaringan. Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun tersebut menjadi bentuk penyambutan mahasiswa baru ITERA, sekaligus ajang pengenalan lingkungan kampus, mulai dari kegiatan akademik, fasilitas dan lingkungan kampus, hingga kegiatan kemahasiswaan.

Ketua Pelaksana PPLK ITERA tahun 2021, Mahendra menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 4.600 mahasiswa baru. Sementara jumlah panitia yang terlibat yaitu sekitar 700 panitia yang terlibat secara daring. Mahendra juga menjelaskan bahwa pada PPLK kali ini, panitia mengusung tema yang mengkolaborasikan antara SDGs dengan nuansa budaya nusantara.

“Sebagai kampus berbasis teknologi tentu saja tidak lupa dengan SDGs di tahun 2030. Selain itu, konsep budaya nusantara yang kamiangkat bukanlah budaya yang ada di Indonesia secara keseluruhan, melainkan lebih menonjolkan budaya yang ada di Pulau Sumatera,” ujar Mahendra saat ditemui di lokasi PPLK, Kamis, 19 Agustus 2021.

Mahendra yang merupakan mahasiswa Program Studi Arsitektur, menambahkan, konsep kegiatan PPLK tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu dilaksanakan secara daring dan tetap menghibur atau entertaining. Pembeda konsep acara dengan tahun lalu yaitu terdapat opening ceremonial dan juga closing ceremonial dan virtual tour dengan menyediakan aplikasi berbasis games menggunakan VPS dan bisa keliling kampus ITERA. “Tentu saja ini bertujuan agar mahasiswa baru mengetahui apa saja yang ada di ITERA,” tambah Mahendra.

Selama mengikuti PPLK ITERA 2021, mahasiswa baru mendapatkan berbagai materi pengembangan diri yang disampaikan para narasumber baik dari internal ataupun eksternal kampus. Selain itu, dalam PPLK kali ini ini seluruh panitia yang terlibat telah mengemas seluruh kegiatannya semenarik mungkin, seperti terdapat commercial break disela-sela kegiatan sebagai salah satu cara untuk mengatasi kejenuhan peserta PPLK, dan dihari terakhir panitia juga akan menggelar acara hiburan bertajuk Collaboration Unit ITERA (CUI) yang diisi penampilan seluruh unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada di ITERA.

Kegiatan CUI akan dilakukan secara hybrid dengan perpaduan seni langsung dan teknologi. Panitia juga telah mengkategorikan setiap bidang kegiatan mahasiswa yang ada di kampus ITERA untuk membawakan penampilak yang menarik dan tertata dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di ITERA.

Penulis : Thobias Tantra Koeswara, Syifa Khoirinnisa
Foto : Ahmad Jamil Alhazmi / Dokumentasi PPLK

The post PPLK ITERA Ajang Mengenal Kampus dan Hiburan Mahasiswa Baru appeared first on ITERA.

About The Author