Meriahkan Dies Natalis LPPM ITERA Gelar Pameran Hasil Riset dan Inovasi

Meriahkan Dies Natalis LPPM ITERA Gelar Pameran Hasil Riset dan Inovasi
October 6, 2021 Comments Off on Meriahkan Dies Natalis LPPM ITERA Gelar Pameran Hasil Riset dan Inovasi berita, IIO ITERA, Insitut Teknologi Sumatera, ITERA NEWS, Purino ITERA ppiditer_web

ITERA NEWS. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) gelar pameran dengan tajuk Science, Technology and Art Expo yang dilaksanakan di Gedung Kuliah Umum (GKU) ITERA lantai 4, Rabu, 6 Oktober 2021.

Acara ini merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Institut Teknologi Sumatera (ITERA) ke-7 tahun 2021. Terdapat 16 stand pameran milik LPPM, Hall of Fame, ITERA International Office, dan 14 Stand Pameran milik Pusat Riset dan Inovasi yang memamerkan Produk Penelitian dan KKN, Prototype Alat, Simulasi Aplikasi, Video dan Poster.

Dalam pelaksanaannya, acara ini mendapat kunjungan dari Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU, yang juga didampingi oleh sivitas akademika ITERA. Pada kunjungannya, Rektor ITERA menyempatkan diri untuk mengunjungi dan tentunya mengulik informasi mengenai produk-produk yang dipamerkan dalam Science, Technology and Art Expo.

Pada pameran ini dipertunjukkan pula buku serta jurnal karya civitas akademika ITERA, salah satunya buku yang baru saja resmi di rilis oleh Rektor ITERA yaitu 7th Institut Teknologi Sumatera dan buku Memoar Ofyar Zainuddin Tamin yang merupakan persembahan serta apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi serta jasa almarhum selama menjabat menjadi Rektor pertama ITERA.

Automatic Gate

Automatic Gate atau Gerbang Pintu Otomatis merupakan salah satu hasil pencapaian Purino Kecerdasan Buatan ITERA di tahun 2021 yang juga menjadi produk yang dipajang pada pemeran ini. Automatic Gate atau Gerbang Pintu Otomatis menerapkan sensor deteksi suhu dan deteksi penggunaan masker yang merupakan karya kolaborasi dosen dan mahasiswa tingkat akhir dari prodi Teknik Informatika dan Teknik Fisika Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

Rahman Indra Kesuma, S.Kom.,M.Cs., Dosen Teknik Informatika Institut Teknologi Sumatera (ITERA), menyampaikan bahwa automatic gate atau Gerbang Pintu Otomatis yang kini dipertunjukkan, merupakan Purwarupa/Prototype-alat yang masih dalam proses pengembangan dan akan ditargetkan rampung pada akhir tahun 2021.

Menyambung penjelasan sebelumnya, Rahman Indra Kesuma, S.Kom.,M.Cs. menjelaskan bahwa produk ini nantinya akan mampu mendeteksi dan mengenali wajah pengguna walaupun menggunakan masker, sehingga dapat dimanfaatkan untuk absensi pegawai ITERA.

“Saya berharap bahwa ke depannya ITERA dapat membawa proyek dengan topik yang dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga mampu menjadi solusi permasalahan yang ada di Sumatera serta sekaligus menjadi proyek yang dapat melibatkan mahasiswa,” ungkap Rahman Indra Kesuma, S.Kom.,M.Cs. ()

Reporter : Nindya Apsari (Program Studi Arsitektur 2019).

The post Meriahkan Dies Natalis LPPM ITERA Gelar Pameran Hasil Riset dan Inovasi appeared first on ITERA.

About The Author