Mahasiswa KKN ITERA Pasang Biopori di Pekon Sukamulya

Mahasiswa KKN ITERA Pasang Biopori di Pekon Sukamulya
July 5, 2021 Comments Off on Mahasiswa KKN ITERA Pasang Biopori di Pekon Sukamulya berita, Institut Teknologi Sumatera, ITERA NEWS, KKN Itera, Mahasiswa Pasang Biopori, Pengabdian Masyarakat ppiditer_web

ITERA NEWS. Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) jalankan program kerja dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pekon Sukamulya, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu. Dalam kegiatan ini, Program kerja andalan yang dilaksanakan adalah pemasangan biopori. Jumat, 2 Juli 2021.

Dalam kegiatan tersebut, kelompok 7 KKN ITERA  diketuai oleh Muhammad Abdul Hakim beranggotakan Alfandi Swahjunan Sinaga, Nur Hafit Ikhwan, Mardiana Malau, Denta Arvihaknata, Neysa Ophelia, Fara Annisa Darma Putri dengan dosen pembimbing lapangan Ibu Ayu Libiaty Ahmad, S.Kel., M.T. dari program studi Teknik Kelautan.

Kegiatan pemasangan biopori dilakukan di beberapa titik yang terletak di halaman rumah warga. Dimana titik tersebut diduga sering mengalami tergenangnya air saat hujan, dikarenakan irigasi yang belum sepenuhnya optimal di daerah setempat.

Perwakilan mahasiswa, Muhammad Abdul Hakim menjelaskan kepada warga Pekon Sukamulya bahwa pemasangan bipori ini memiliki banyak manfaat. Selain sebagai media resapan air untuk mengurangi genangan air, biopori ini juga beguna untuk media penyuburan tanah.

“Pemasangan biopori ini dilakukan sebagai media resapan air, sehingga dapat mengurangi genangan air dan potensi terjadinya banjir. Selain sebagai media resapan air, biopori juga berguna sebagai media dalam menyuburkan tanah dan mengurangi sampah organik, karena di dalam biopori diletakan sampah organik dan akan terjadi proses biologis yang akan membuat sampah organik tersebut akan menjadi pupuk kompos.”

Selain melakukan pemasangan biopori, kelompok 7 KKN ITERA juga menjalankan program kerja lain berupa penyerahan hand-sanitizer di Kantor Pekon, Pekon Sukamulya, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu.

Hand-sanitizer yang dibuat terdiri dari bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar yaitu alcohol 96%, sari pati lidah buaya dan jeruk nipis. Harapan dari kelompok 7 KKN ITERA agar hand-sanitizer yang diberikan dapat berguna dalam situasi pandemic Covid-19 saat ini.

The post Mahasiswa KKN ITERA Pasang Biopori di Pekon Sukamulya appeared first on ITERA.

About The Author