Mahasiswa KKN ITERA Laksanakan Program Desa Dalam Data

Mahasiswa KKN ITERA Laksanakan Program Desa Dalam Data
July 22, 2021 Comments Off on Mahasiswa KKN ITERA Laksanakan Program Desa Dalam Data berita, Desa Dalam Data, Institut Teknologi Sumatera, ITERA NEWS, KKN Daring, KKN Itera ppiditer_web

ITERA NEWS. Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melaksanakan program Desa dalam Data dengan pembuatan peta desa Way Muli Induk, Rajabasa, Lampung Selatan secara daring dan diserahkan ke pihak desa dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat selama pandemi . Senin, 12 Juli 2021.

Tim KKN mahasiswa yang terdiri atas 28 mahasiswa yang terbagi dalam 4 kelompok, dengan masing-masing kelompok beranggotakan 7 mahasiswa. Mahasiswa yang tergabung dalam tim KKN ini yang berasal dari multi program studi di ITERA, diantaranya Teknik Geomatika, Teknik Sipil, Teknik Fisika, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Fisika dengan dosen pembimbing lapangan Een Lujainatul Isnaini, S.T., M.Eng. dari program studi Geomatika.

Beberapa kegiatan dari program Desa dalam Data disini yaitu Pemetaan Desa, Pemetaan batas dusun, Peta Persebaran Penggunaan Lahan, Pemetaan persebaran ternak, Pemetaan potensi wisata, serta pemetaan kajian rawan longsor. Beberapa kegiatan lainnya yang juga dilaksanakan yaitu pembuatan poster terkait Covid-19, gejala covid-19, anjuran penggunaan double masker, pemakaian hand sanitizer, protokol 3M dan edukasinya.

Program Desa dalam Data dimaksudkan untuk menunjang kegiatan Desa Tanggap Bencana dari Pusat Riset dan Inovasi Sains Informasi Geospasial (PURINO SIG), ITERA. Program ini juga diharapkan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pembangunan Desa Way Muli Induk. Ketersediaan informasi geospasial hingga tingkat desa diperlukan untuk mendukung program pembangunan desa hingga nasional. Peta Desa dapat digunakan oleh pemerintah desa khususnya dan daerah maupun pusat untuk merencanakan pembangunan nasional yang lebih menyeluruh dengan tingkat kedetailan informasi tingkat desa.

Penyerahan hasil kegiatan KKN berupa Peta dan poster yang telah di cetak dan data dalam bentuk softfile kepada pihak Desa Way Muli Induk telah diterima oleh Plt. Kepala Desa Way Muli Induk (Bapak Samsudin Sy). (Rilis/Humas)

The post Mahasiswa KKN ITERA Laksanakan Program Desa Dalam Data appeared first on ITERA.

About The Author