Mahasiswa ITERA Raih Penghargaan dalam KKN Kebangsaan

Mahasiswa ITERA Raih Penghargaan dalam KKN Kebangsaan
August 31, 2021 Comments Off on Mahasiswa ITERA Raih Penghargaan dalam KKN Kebangsaan berita, Institut Teknologi Sumatera, ITERA, KKN Kebangsaan ppiditer_web

ITERA NEWS. Kontingen mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan dan KKN Bersama Wilayah Barat Tahun 2021, meraih tiga penghargaan. Tiga apresiasi tersebut yaitu yaitu Posko II KKN Bersama Desa Jambi Tulo sebagai posko terbaik ke-2 inovatif & inspiratif, Posko IV KKN Kebangsaan Desa Sungai Beras sebagai posko terbaik ke-3 inovatif & inspiratif, dan Posko XVI Kebangsaan Kelurahan Rantau Indah sebagai posko terbaik ke-5 inovatif & inspiratif.

Penghargaan tersebut ditandai dengan pemberian e-sertifikat secara simbolis dan penyerahan plakat dari kampus tuan rumah yaitu Universitas Jambi.

Acara penyambutan Kontingen ITERA KKN Kebangsaan dan KKN Bersama Wiilayah Barat Tahun 2021 dilaksanakan, Senin, 30 Agustus 2021 secara simbolis oleh Rektor ITERA Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU. Dalam acara tersebut Rektor menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa ITERA. Rektor juga berharap dengan adanya pencapaian prestasi dari kegiatan tersebut dapat memicu semangat mahasiswa ITERA lainnya untuk terus berkreasi dan berinovasi serta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Edo Kharisma Army, S.T., M.T. selaku ketua KKN ITERA menyampaikan bahwa prestasi yang diraih mahasiswa merupakan buah hasil kerja keras dari mahasiswa dan tim yang mempersiapkan mahasiswa dengan bekal-bekal yang mereka butuhkan. Tentunya kegiatan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama merupakan salah satu bentuk kontribusi ITERA for Sumatera yang masih terus dikembangkan. Berikutnya ITERA akan berkomitmen untuk terus maju menjadai garda terdepan yang menyentuh masyarakat Sumatera.

“Rektor juga berharap dengan adanya pencapaian prestasi dari kegiatan tersebut dapat memicu semangat mahasiswa ITERA lainnya untuk terus berkreasi dan berinovasi serta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.”

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ITERA, Acep Purqon, S.Si., M.Si., Ph.D., memberikan apresiasi kepada tim KKN ITERA dan mahasiswa perwakilan ITERA yang telah berangkat dalam acara ini karena dimasa pandemi ini tetap bersedia bertempur dan bahkan bisa memperoleh prestasi yang bisa mengangkat nama ITERA.

Kegiatan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama BKS Wilayah Barat Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Universitas Jambi telah selesai dilaksanakan pada tanggal 24 Juli – 26 Agustus 2021 di Provinsi Jambi dengan tema “Membangkitkan Nilai-Nilai Kebangsaan dan Kebersamaan Melalui Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Agroindustri”.

Program Kerja Unggulan

Dalam kegiatan kali ini, ITERA mengirimkan sebanyak 10 mahasiswa yang berasal dari beberapa program studi, yaitu: Syifaunnisa Karunia Masda -Teknik Biosistem, Nur Aprimita Azzahra -Teknologi Industri Pertanian, Fiqhy Alfath Faza Herzaditya -Sains Atmosfer dan Keplanetan, Winda SN Lumban Gaol-Teknik Biosistem,Oksifa Nurul Fatiya-Teknologi Pangan,Annisa Soraya K – Teknik Sipil, Savitri Wahyuni -Teknik Biosistem, Andri Haryanto -Teknik Elektro,dan Radot Andriko Sagala -PWK.

Sepuluh program kerja unggulan yang telah dilaksanakan oleh Mahasiswa ITERA dalam kegiatan KKN kali ini adalah pembuatan dan sosialisasi demonstrasi pembuatan pupuk organik cair dari limbah cucian beras, arang briket dari limbah kelapa sawit, dan obat nyamuk alami dari limbah kulit duku; pengembangan produk rumah tangga umkm dari olahan komoditas utama desa; inovasi pupuk kompos dari kulit pinang; pembuatan aplikasi jambi banget; desain konsep saung untuk meningkatkan potensi agrowisata di desa niaso; pemberdayaan lingkungan melalui: pelatihan pengolahan sampah plastik menjadi ecobrick, pembuatan apotek hidup, dan taman dari barang bekas; pelatihan pembuatan dodol bonggol pisang; pembuatan kripik dari batang pisang yang bernama keripik bakung; pemanfaatan sabut kelapa menjadi cocofiber dan cocopeat; pelatihan dan pembuatan tepung rebung dan instan jahe serat pengembangan produk melalui pembaharuan packaging; sosialisasi energi terbarukan dan pelatihan instalasi panel surya off grid kepada warga dusun setiabudi desa sungai beras.  (Rilis/Humas)

The post Mahasiswa ITERA Raih Penghargaan dalam KKN Kebangsaan appeared first on ITERA.

About The Author