Mahasiswa ITERA Juara 1 Kompetisi Robot Line Follower Nasional

Mahasiswa ITERA Juara 1 Kompetisi Robot Line Follower Nasional
December 27, 2021 Comments Off on Mahasiswa ITERA Juara 1 Kompetisi Robot Line Follower Nasional berita, Institut Teknologi Sumatera, ITERA NEWS, Mahasiswa ITERA Juara ppiditer_web

ITERA NEWS. Tim mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi Sumatera (ITERA) sukses raih juara satu dalam kompetisi robot line follower nasional Electrical Engineering in Action 2021 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (Himatro) Universitas Lampung (UNILA) pada pertengahan Desember lalu. Tim tersebut terdiri dari Muhammad Redho Kristianto (120130115), Nabil Mubarokhah Zain (120130135), dan Satrio Fernanda Gunawan (120130158).

Tim yang diberi nama Elbot II tersebut berhasil mengalahkan 22 tim lain yang berasal dari berbagai kampus di Indonesia, diantaranya Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Sriwijaya (UNSRI), dan Universitas Negeri Padang (UNP). Kompetisi tersebut diselenggarakan selama dua hari berturut-turut ini (15 – 17 Desember 2021), dibagi kedalam beberapa babak diantaranya babak penyisihan 10 besar, babak penyisihan 5 besar, babak penyisihan 4 besar, serta penentuan juara.

Ketua tim Muhammad Redho menyampaikan bahwa ajang tahunan di Universitas Lampung ini merupakan kompetisi pertama yang diikuti. Redho memaparkan bahwa Program Studi Teknik Elektro ITERA mengirimkan dua tim, yakni Elbot I dan Elbot II. Lebih lanjut, Redho menjelaskan bahwa terdapat kerusakan sensor pada saat pengujian yang mengakibatkan tim Elbot I gugur di babak penyisihan 10 besar.

“Kendala yang kami hadapi antara lain dari segi biaya, karena dalam perancangan dan perakitan robot tentunya memerlukan biaya yang relatif tinggi. Sehingga kami mendapatkan bantuan serta dukungan dari program studi dan himpunan. ” ucap Muhammad Redho.

Redho berpendapat sebagai mahasiswa ITERA harus berusaha memberikan kontribusi dalam upaya mengangkat nama baik kampus. Lewat kompetisi tersebut, mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh dan tidak hanya sebagai ajang unjuk diri.

Oleh Natasya Salsabiila

The post Mahasiswa ITERA Juara 1 Kompetisi Robot Line Follower Nasional appeared first on ITERA.

About The Author