LPMP Dukung ITERA Bangun Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

LPMP Dukung ITERA Bangun Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi
August 27, 2021 Comments Off on LPMP Dukung ITERA Bangun Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi berita, Insitut Teknologi Sumatera, ITERA, ITERA NEWS, ITERA WBK, Zona Integritas ITERA ppiditer_web

ITERA NEWS. Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Lampung mendukung penuh pencanangan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) sebagai salah satu kampus zona integritas wilayah bebas korupsi (WBK). Hal tersebut ditandai dengan kunjungan tim PLPM Lampung yang diwakili oleh Kasubbag Umum LPMP Lampung Warsito, didampingi angota Emilia Zulaiha Zahara, S.Si.,M.M., ke kampus ITERA, Jumat, 27 Agustus 2021.

Tim LPMP secara langsung diterima oleh Rektor Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., didampingi Kepala Biro Umum dan Akademik drh. Sri Sulistiawati, M.M., Koordinator Perencanaan ITERA, Eko Feri Kurniawan, S.Si, M.Si, dan beberapa dosen. Dalam kesempatan tersebut dilakukan diskusi membahas persiapan ITERA untuk mulai membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Dalam sambutannya, Kasubbag Umum LPMP Lampung Warsito menyampaikan bahwa proses pembangunan zona integritas merupakan tindak lanjut pencanangan zona integritas yang difokuskan pada penerapan program manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Warsito mengharapkan ITERA tahun depan sudah bisa diusulkan untuk masuk bagian dalam isntansi yang menerapkan zona integritas WBK.

Sementara, Rektor ITERA Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., menyambut positif bila ITERA nantinya akan diusulkan sebagai wilayah bebas dari korupsi (WBK). Rektor mengatakan hal tersebut sangat tepat untuk dijadikan momen atau sarana untuk melakukan pembenahan sistem ke arah yang lebih baik dan ideal.

“Hal ini sangat terkait dengan penjaminan mutu ITERA. Tentu hal ini akan kami jadikan sarana memperbaiki sistem untuk menjadi lebih baik didalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan,” ujar Prof. Mitra Djamal.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh perwakilan tim LPMP Lampung, Emilia Zulaiha Zahara, S.Si.,M.M., yang menjelaskan bahwa penetapan Satker sebagai WBK dimaksudkan sebagai kompetisi dan area percontohan penerapan pelaksanaan reformasi birokrasi. Melalui pembangunan zona integritas dengan menerapkan instrument zona integritas berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara diharapkan ITERA dapat menjadi salah satu percontohan kampus satker mengingat masih minim satker yang dapat diusulkan sebagai WBK karena memang memiliki banyak indikator yang harus dipenuhi.

“Tentu hal ini dimaksudkan sebagai acuan bagi Satker untuk membangun zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani,”jelas Emilia.

Kepala Biro Umum dan Akademik ITERA drh. Sri Sulistiawati, M.M., menambahkan, bahwa ITERA saat ini telah menerapkan beberapa sistem terpadu, seperti memakai sistem laboratorium terpadu. Selain itu, manajemen mutu, implementasi tri dharma perguruan tinggi dan penyediaan informasi yang saling terintegritas selalu dikedepankan. Sri juga menjelaskan ITERA siap menyelaraskan sistem yang sudah ada dengan indikator-indikator yang diperlukan demi mencanangkan ITERA sebagai zona integritas. (Humas)

The post LPMP Dukung ITERA Bangun Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi appeared first on ITERA.

About The Author