LP3 ITERA Dorong Peningkatan Jurnal Internasional Dosen dan Mahasiswa

LP3 ITERA Dorong Peningkatan Jurnal Internasional Dosen dan Mahasiswa
December 7, 2020 Comments Off on LP3 ITERA Dorong Peningkatan Jurnal Internasional Dosen dan Mahasiswa Acep Purqon, berita, Institut Teknologi Sumatera, ITERA, Purino Material Maju ppiditer_web

ITERA NEWS. Sebagai salah satu upaya mendorong peningkatan jumlah publikasi jurnal internasional, Pusat Riset dan Inovasi (Purino) Material Maju, di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat dan Penjaminan Mutu (LP3) ITERA mengadakan seminar penulisan jurnal ilmiah bertajuk Strategi tembus jurnal internasional bereputasi untuk dosen muda dan mahasiswa, Sabtu, 5 Desember 2020.

Seminar yang diadakan secara dalam jaringan tersebut menghadirkan narasumber Sekretaris Bidang Penelitian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr.rer.nat. Rino Rakhmata Mukti, S.Si., M.Si. Dr.rer.nat. Rino adalahdosen dan peneliti kelompok keahlian Kimia Anorganik dan Fisik, FMIPA ITB yang menjadi Advisor Purino Material Maju ITERA.  

Seminar yang diikuti sebanyak 160 peserta tersebut dibuka oleh Ketua LP3 ITERA,  Acep Purqon, Ph.D. dan dipandu oleh Dr. Sena Maulana selaku Kepala Purino Material Maju ITERA. Dalam sambutannya, Ketua LP3 ITERA, Acep Purqon, Ph.D berharap para peserta dapat menyerap secara maksimal pengetahuan dari narasumber. Acep juga mendorong para peneliti dan dosen di Indonesia khususnya di ITERA dapat melakukan penelitian dengan baik dan dapat mempublikasikan hasil penelitian tersebut dalam jurnal ilmiah internasional bereputasi.

“Seminar penulisan jurnal ilmiah ini sejalan dengan tujuan didirikannya banyak Purino di ITERA yaitu sebagai salah satu wadah penghasil inovasi di ITERA. Sebuah inovasi yang baik harus di mulai dengan penelitian yang baik,” ujar Acep.

“Seminar penulisan jurnal ilmiah ini sejalan dengan tujuan didirikannya banyak Purino di ITERA yaitu sebagai salah satu wadah penghasil inovasi di ITERA. Sebuah inovasi yang baik harus di mulai dengan penelitian yang baik.”

Budaya Ilmiah

Sementara sebagai peneliti yang  berpengalaman dalam publikasi ilmiah, Dr.rer.nat. Rino Rakhmata Mukti menyampaikan pentingnya bagi akademisi untuk membangun budaya ilmiah unggul sebagai indikator kemajuan bangsa. Oleh sebab itu, penelitian yang dilakukan diharapkan dapat mencari solusi inovatif atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi bangsa.

“Publikasi hasil penelitian dalam jurnal ilmiah bereputasi menjadi indikator penting dalam upaya membangun budaya ilmiah unggul. Data menunjukkan adanya korelasi yang erat antara jumlah publikasi ilmiah dengan tingkat Produk Domestik Bruto (PDB) sebuah negara,” ujar Dr.rer.nat. Rino dalam pemaparan materi yang dimoderatori oleh Sekretaris Purino Material Maju ITERA, Dr. Melany Febrina.

Dr.rer.nat. Rino, menekankan agar produk penelitian dalam bentuk artikel ilmiah berkualitas perlu terus  ditingkatkan. Pada akhir materi, dia juga mengajak dosen dan mahasiswa ITERA untuk berpikir kreatif dan out of the box dalam upaya kita untuk mencari solusi bagi permasalahan bangsa. (Humas)

 

The post LP3 ITERA Dorong Peningkatan Jurnal Internasional Dosen dan Mahasiswa appeared first on ITERA.

About The Author