ITERA Turut Sukseskan Workshop Astronomi Internasional IAU-NASE

ITERA Turut Sukseskan Workshop Astronomi Internasional IAU-NASE
August 15, 2021 Comments Off on ITERA Turut Sukseskan Workshop Astronomi Internasional IAU-NASE berita, Hakim L. Malasan, IAU NASE, ITERA, NASE, OAIL, Observatorium ITERA ppiditer_web

ITERA NEWS. Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melalui UPT Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL) turut menyukseskan gelaran workshop astronomi internasional, International Astronomy Union – Network for Astronomy School Education (IAU-NASE) tahun 2021, yang diadakan oleh Pusat Studi Astronomi, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Workshop tersebut diselenggarakan untuk memberikan edukasi kepada para guru dengan memperkenalkan metode baru dalam pengajaran astronomi baik kepada para guru sekolah dasar, tingkat menengah, dan orang yang berkecimpung dalam pendidikan astronomi.

Kepala UPT OAIL ITERA, Hakim L. Malasan, Ph.D., menerangkan IAU-NASE Workshop menyediakan fasilitas bagi para guru untuk membuat alat-alat praktikum yang dapat mendukung pengajaran di kelas. Selain itu, IAU-NASE Workshop juga mempromosikan proses belajar aktif dalam bidang astronomi dengan melakukan praktik menggunakan alat peraga yang dapat dibuat sendiri.

Sebelumnya, pada tahun 2018-2019 OAIL bekerjasama dengan IAU menjadi penyelenggara pelatihan NASE. Acara yang diselenggarakan di ITERA ini menghadirkan 3 instruktur internasional yaitu Rosa Maria Ros (Presiden IAU-NASE), Alexandre Jose Da Costa, dan Alan C Pickwick, dengan ketua kegiatan Kepala UPT OAIL ITERA, Hakim L. Malasan, Ph.D.

IAU-NASE Workshop juga mempromosikan proses belajar aktif dalam bidang astronomi dengan melakukan praktik menggunakan alat peraga yang dapat dibuat sendiri.

Selanjutnya pada tahun 2020, ITB menjadi tuan rumah NASE yang diadakan secara daring. Kegiatan ini masih dipimpin oleh Hakim L. Malasan, yang juga dosen ITB dengan dibantu beberapa instruktur dari ITERA dengan koordinasi Riska Romadhonia. Pada tahun ini, NASE dilaksanakan kembali secara daring oleh Pusat Studi Astronomi, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta pada 12-15 Agustus 2021.

Instruktur Lokal

IAU-NASE workshop tahun ini didukung oleh lima instruktur lokal yang merupakan dosen ITERA yaitu Dear Michiko M. Noor, Andi Fitriawati, M. Isnaenda, Elsa R. Kencana, dan Robiatul Muztaba, dengan koordinator Nindhita Pratiwi.  Dua instruktur ITB, Muthia Dewi dan Elisa Fitri turut mendukung kegiatan NASE.

“Sepanjang workshops, para instruktur didampingi asisten dari Universitas Achmad Dahlan yang diharapkan dimasa yang akan datang dapat berperan sebagai instruktur NASE local,” ujar Hakim, Minggu, 15 Agustus 2021.

Hakim juga turut menjadi pengisi kuliah umum yang merupakan salah satu rangkaian acara NASE. Kegiatan tersebut juga turut dihadiri presiden IAU-NASE untuk mengisi materi dan workshop.

Kegiatan IAU-NASE workshop kali ini dihadiri lebih dari 60 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Yogyakarta, Lampung, Makassar, Kalimantan, Surabaya, dan daerah lainnya. Para peserta yang sebagian besar guru-guru SMA antusias menempuh empat perkuliahan, 10 workshops dan dua workgroups yang antara lain kegiatan pengamatan astronomi dan kunjungan virtual ke Museum Muhammadiyah yang mengetengahkan tradisi modern dalam astronomi Islam di Indonesia.

“Harapan kami workshop-workshop ini dapat menjadi berkah dan ilmu yg bermanfaat bagi bapak, ibu, anak-anak, dan cucu kita nantinya. Sebegitu luar biasa alam semesta ini untuk kita pelajari dan kita nikmati,” tutur Michiko salah satu instruktur IAU-NASE workshop dari ITERA. (Rilis/Humas)

The post ITERA Turut Sukseskan Workshop Astronomi Internasional IAU-NASE appeared first on ITERA.

About The Author