ITERA Bahas Penerapan Internet of Things dalam Pertanian

ITERA Bahas Penerapan Internet of Things dalam Pertanian
October 8, 2021 Comments Off on ITERA Bahas Penerapan Internet of Things dalam Pertanian berita, Internet of things, ITERA NEWS, Pertanian, SAP ITERA ppiditer_web

ITERA NEWS. Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan Institut Teknologi Sumatera (ITERA)  telah melaksanakan Seminar Online yang mengusung tema “Internet of Things: Smart Agriculture for Climate Change Adaptation in the Tropical Region”. Seminar Online ini dilakukan via zoom meeting dan live youtube, dengan  pendaftar mencapai 149 orang dan peserta dalam zoom meeting mencapai 95 orang. Kamis, 07  Oktober 2021.

Kegiatan yang  dimoderatori oleh Alvin Pratama, S.Si., M.Si. selaku Dosen Sains Atmosfer dan Keplanetan Institut Teknologi Sumatera  menghadirkan Ahmad Radhy, S.Si., M.Si. dari CeriTech Indonesia berlaku sebagai narasumber.

Kegiatan seminar ini dibagi menjadi dua acara utama yaitu penyampaian materi oleh narasumber dan sesi tanya jawab/ diskusi. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Dr. Moedji Raharto selaku Ketua Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAP) ITERA yang kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama di awal acara.

Dalam pemaparannya Ahmad Radhy, S.Si., M.Si. selaku narasumber menjelaskan topik dengan terkait  pengukuran  iklim mikro di dalam dry house untuk menjaga kondisi pengeringan kopi, yang bisa mencapai 12 hari menjadi konsisten dengan Arduino Nano 33 di dalam dry house dengan sensor BME680.  Selain hal tersebut, Ahmad juga membahas tentang proses pencarian masalah dan kerjasama dengan pengguna, yang pada kasus  petani kopi.

“Teknologi tepat guna adalah teknologi yang diinginkan oleh pengguna. Saat ada satu petani yang meminta penerapan IoT pada kebun petani tersebut, petani lain di daerah tersebut tentu akan mengikuti sistem serupa” Jelas Ahmad.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi dari peserta kepada narasumber. Para peserta yang hadir dalam acara ini terlibat dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang memperjelas pemahaman terhadap materi. Acara Webinar ini ditutup dengan sesi foto bersama yang dilakukan secara daring yang diikuti seluruh peserta, narasumber dan moderator.

The post ITERA Bahas Penerapan Internet of Things dalam Pertanian appeared first on ITERA.

About The Author