Dosen Farmasi ITERA Edukasi Pelajar Manfaatkan Obat Alami dan Jamu

Dosen Farmasi ITERA Edukasi Pelajar Manfaatkan Obat Alami dan Jamu
September 13, 2021 Comments Off on Dosen Farmasi ITERA Edukasi Pelajar Manfaatkan Obat Alami dan Jamu berita, edukasi haid, Farmasi ITERA, Institut Teknologi Sumatera, ITERA NEWS ppiditer_web

ITERA NEWS.  Program studi Farmasi Institut Teknologi Sumatera (ITERA)  secara daring lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui edukasi tentang nyeri haid dan penanganannya menggunakan obat dan jamu pada siswi SMA Global Madani Bandar Lampung, Sabtu, 11 September 2021.

Kegiatan ini dihadiri oleh narasumber apt. Nisa Yulianti Suprahman, M.Sc dan apt. Riri Fauziyya, M.Farm. Keberlangsungan teknis acara dipandu oleh mahasiswa program studi farmasi ITERA, yaitu Sherly Yulisabtika dan Arif Al Iman. Acara ini dihadiri oleh 70 peserta, yang terdiri atas pelajar putri dan guru SMA Global Madani Bandar Lampung.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMA Global Madani, Bapak Rofi’ Darojat, Lc., M.H, yang mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya edukasi di tengah maraknya hoaks mengenai penggunaan obat serta meningkatkan pengetahuan siswi terkait nyeri haid serta penggunaan obat dan bahan herbal.

“Indonesia kaya akan tanaman yang memiliki khasiat medis dan hal ini perlu untuk diketahui oleh masyarakat.” Jelas Rofi

Kegiatan dilanjutkan pemaparan materi oleh apt. Nisa Yulianti Suprahman, M.Sc. yang menjelaskan  obat-obat apa saja yang memiliki indikasi nyeri haid serta bagaimana mekanisme kerjanya di dalam tubuh. Informasi ini dilengkapi dengan informasi mengenai cara penggunaan obat dan keamanan obat.

Materi selanjutnya dipaparkan oleh apt. Riri Fauziyya, M.Farm. Pada sesi kedua ini, Riri menjelaskan beberapa cara untuk meringankan nyeri haid yang tidak menggunakan obat khususnya penggunaan jamu. Riri juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa bahan tanaman obat yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri haid, baik sebagai aromaterapi, sediaan topikal maupun minuman.

“Kandungan zat aktif dalam tanaman obat tersebut sangat sesuai untuk mengatasi nyeri haid dan telah diteliti memiliki efek yang mampu bersaing dengan obat sintetik.” Jelas Riri

Diharapkan, dengan pemaparan ini, para siswi dapat memahami proses biologi yang terjadi pada nyeri haid serta penanganannya yang tepat dengan menggunakan obat dan jamu. Dengan begitu, para siswi dapat menangani nyeri haid yang dialami, serta membantu keluarga atau teman-temannya dengan memberikan informasi yang tepat.  (Rilis/Humas).

 

The post Dosen Farmasi ITERA Edukasi Pelajar Manfaatkan Obat Alami dan Jamu appeared first on ITERA.

About The Author