Dirjen Dikti Dukung Percepatan Pengembangan ITERA Menuju BLU

Dirjen Dikti Dukung Percepatan Pengembangan ITERA Menuju BLU
September 7, 2021 Comments Off on Dirjen Dikti Dukung Percepatan Pengembangan ITERA Menuju BLU berita, Dirjen Dikti, Institut Teknologi Sumatera, ITERA, Mitra Djamal, Prof Nizam ppiditer_web

ITERA NEWS. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng., mengapresiasi, dan mendorong percepatan pengembangan Kampus ITERA. Selain diminta terus meningkatkan mutu pendidikan, Dirjen Dikti juga mendukung percepatan kampus ITERA menuju Badan Layanan Umum (BLU).

Hal tersebut disampaikan Prof. Nizam, saat menerima audiensi tim ITERA, yang dipimpin langsung oleh Rektor ITERA, Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., secara dalam jaringan, Selasa, 7 September 2021. Turut hadir dalam audiensi tersebut, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Sukarsno, M.S., Staf Ahli Rektor ITERA Bidang Pengembangan dan Kerja Sama, Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, D.E.A., Kepala Biro Umum dan Akademik drh. Sri Sulistiawati, M.M., Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Acep Purqon, Ph.D., serta Koordinator Program Kampus Merdeka ITERA, Dr. Eko Satria.

“Saya berfikir ITERA dapat terus berpacu cepat, sebagai perguruan tinggi baru, dan fokus berkembang menjadi contoh kampus yang ramping tetapi modern, dan bisa berlari kencang mengiringi dinamika perubahan dunia kerja,” ujar Prof. Nizam.

Selain itu Dirjen Dikti juga kembali menekankan pentingnya kolaborasi dalam pengembangan ITERA. Terlebih saat ini Provinsi Lampung, menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia. Dengan banyaknya pusat riset dan inovasi yang dimiliki ITERA, Prof. Nizam mendorong agar ITERA banyak membangun kolaborasi bersama dunia industri sehingga riset yang dihasilkan dapat diimplementasikan.

“Saya sangat mendukung rencana ITERA, termasuk menuju BLU, dan akan dikembangkan sebagai organisasi yang ramping akan tetapi berfungsi dengan baik,” ujar Prof. Nizam.

“Saya berfikir ITERA dapat terus berpacu cepat, sebagai perguruan tinggi baru, dan fokus berkembang menjadi contoh kampus yang ramping tetapi modern, dan bisa berlari kencang mengiringi dinamika perubahan dunia kerja.”

Sementara Rektor ITERA Prof. Dr. -Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., dalam kesempatan tersebut menyampaikan perkembangan ITERA dalam tujuh tahun berdiri, dengan berbagai program strategis dan capaiannya. Saat ini, ITERA telah memiliki tiga jurusan dengan 35 program studi dan 1 program pasca sarjana, dengan jumlah dosen 512 orang, 394 tenaga kependidikan, dan lebih dari 17 ribu mahasiswa. Selain itu ITERA sudah memiliki 14 Pusat Riset dan Inovasi, serta 35 Layanan Kepakaran ITERA for Sumatera.

Beberapa program strategis juga dilakukan ITERA, mulai dari ITERA for Sumatera, mengupayakan peningkatan akreditasi institusi dan Prodi, hingga percepatan menuju status BLU dari yang saat ini satuan kerja (Satker).

“Pada usia ITERA yang ke -7 ini, kami memohon dukungan Bapak Dirjen dalam peningkatan mutu pendidikan di ITERA. Saat ini kami juga sudah berkolaborasi dengan industri dan swasta. Salah satunya dengan membangun laboratorium PLTS terbesar di kampus ITERA,” ujar Rektor.

Selain itu, Rektor juga menyampaikan rencana kegiatan Dies Natalis ke-7 ITERA yang akan mengundang Bapak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, B.A., M.B.A., untuk menyampaikan orasi terkait Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan/atau Kebijakan Pengembangan Perguruan Tinggi Sains dan Teknologi di Indonesia. (Humas)

The post Dirjen Dikti Dukung Percepatan Pengembangan ITERA Menuju BLU appeared first on ITERA.

About The Author