Bank Indonesia Gandeng ITERA Gelar Program BI Mengajar

Bank Indonesia Gandeng ITERA Gelar Program BI Mengajar
August 12, 2021 Comments Off on Bank Indonesia Gandeng ITERA Gelar Program BI Mengajar berita, BI Mengajar, ITERA, MBKM, Merdeka Belajar ppiditer_web

ITERA NEWS. Institut Teknologi Sumatera (ITERA) bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Wilayah Lampung menggelar program BI Mengajar, secara dalam jaringan, Kamis, 12 Agustus 2021. Kegiatan tersebut diisi langsung oleh Kepala Perwakilan Wilayah Lampung Budiharto Setyawan, dan diikuti sekitar 500 peserta mahasiswa dari ITERA dan perguruan tinggi lain di Indonesia.

Program BI Mengajar kali ini diselenggarakan sebagai bagian dari peringatan hari ulang tahun ke-68 BI, dan HUT ke-76 RI, serta dalam upaya meningkatkan literasi tentang perekonomian dan perbankan bagi mahasiswa Indonesia.

Kegiatan BI Mengajar secara simbolis dibuka oleh Rektor ITERA, yang diwakili oleh Kepala Biro Umum dan Akademik, drh. Sri Sulistiawati, M.M. Dalam kesempatan tersebut Sri Sulistiawati menyebut ITERA mengapresiasi program BI Mengajar dan akan mendukung penuh program yang telah memilih ITERA sebagai kampus penyelenggara. Program BI mengajar menurut Sri sangat selaras dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Mahasiswa dapat menambah pengetahuan di luar bidang yang selama ini dipelajari di kampus, guna meningkatkan pengetahuan dan skill yang dimiliki.

Program BI mengajar sangat selaras dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Mahasiswa dapat menambah pengetahuan di luar bidang yang selama ini dipelajari di kampus, guna meningkatkan pengetahuan dan skill yang dimiliki.

Sri juga berterima kasih karena selama ini dedikasi BI untuk dunia pendidikan sangat nyata, termasuk bagi ITERA. Program pemberian beasiswa bagi mahasiswa ITERA dan mahasiswa lain yang ada di Provinsi Lampung dan seluruh Indonesia dinilai menjadi salah satu kontribusi nyata BI. “Beasiswa tersebut merupakan dukungan nyata bagi dunia pendidikan, sehingga mahasiswa yang mempunyai keinginan kuat untuk menempuh pendidikan namun mengalami kendala keuangan dapat dibantu dengan beasiswa oleh BI,” ujar Sri.

Sementara dalam program BI Mengajar yang mengusung tema Memperkuat sinergi, inovasi, dan inklusivitas, meningkatkan kontribusi bagi perekonomian nasional, Kepala Perwakilan Wilayah Lampung Budiharto Setyawan, menyebut program BI Mengajar merupakan bagian dari dukungan skenario Indonesia Emas 2045 yang dicanangkan pemerintah. Salah satu dari pilar Indonesia emas tersebut adalah pembangunan manusia dan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). “Untuk itu kami menggagas program BI Mengajar, yang dilaksanakan oleh seluruh kantor prwakilan dan kantor pusat BI di Indonesia dan luar negeri,” ujar Budiharto.

Literasi Ekonomi

BI Mengajar menjadi bentuk dukungan nyata dalam meningkatkan listerasi ekonomi dan kebank sentralan dengan pembelajaran interaktif yang melibatkan mahasiswa di Indonesia. Sehingga masyarakat, khususnya peserta BI mengajar dapat mengetahui seputar kebijakan ekonomi, dan perbankan di era digital, dan kontribusi BI selama ini untuk bangsa Indonesia.

“Di bidang pendidikan BI juga tergabung dengan program MBKM, kami akan menerima mahasiswa dari perguruan tinggi untuk menjalankan magang selama satu semester,” ujar Budiharto. Untuk itu, BI Kantor Perwakilan Wilayah Lampung juga memberikan kesempatan untuk mahasiswa ITERA dan perguruan tinggi lain untuk turut bergabung dalam program tersebut.

Selain itu salam BI Mengajar, Budiharto juga memaparkan mulai dari landasan undang-undang yang membentu dan mengatur tugas BI, hingga memaparkah tugas dan fungsi BI. “Tugas BI adalah menjaga stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan dan stabilitas sistem pembayaran untuk menunjang pertumbuhan ekonomi yang sehat, berkesinambungan dan inklusif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Budiharto. (Humas)

The post Bank Indonesia Gandeng ITERA Gelar Program BI Mengajar appeared first on ITERA.

About The Author